
SEKOLAH
TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (STKIP)
NURUL
HUDA
Sukaraja Kec. Buay Madang Kab. OKU
Timur Sumatera Selatan
![]() |
SATUAN
ACARA PERKULIAHAN (SAP)
TAHUN
AKAEMIK 2014/2015
MATA KULIAH :
TAHSINUL QIRO’AH
PROGRAM/PROGRAM STUDI :
SI/PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
BOBOT :
2SKS
SEMESTER :
VII (TUJUH)
DOSEN PENGAMPU : MARLINA, M.Pd.I
1.
SINOPSIS MATA KULIAH/DESKRIPSI PERKULIAHAN
Al qur’an adalah kalam
Allah swt. Yang merupakan mukjizat yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad saw. Al Qur’an disampaikan oleh Rasulullah
kepada umat manusia sebagai pedoman hidup. Membaca Al Qur’an merupakan ibadah.
Mata kuliah ini berisikan bagaimana cara memperbaiki bacaan Al Qur’an dengan
menyempurnakan hak – hak huruf sesuai dengan makhorijul huruf dan kaidah –
kaidah tajwid.
2.
KOMPETENSI DASAR
Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan
dapat membaca, memperbaiki dan membaguskan bacaan Al Qur’an sebagai indikasi
dari keimanan seorang muslim terhadap kitabnya.
3.
INDIKATOR DASAR
Mahasiswa
dapat:
1. Membaca
Al Qur’an dengan baik dan benar.
2. Memperbaiki
bacaan Al Qur’an dengan menyempurnakan hak-hak huruf sesuai dengan makhorijul
huruf dan kaidah – kaidah tajwid.
3. Membaguskan
bacaan Al Qur’an agar merangsang hati untuk mentadabbur Al Qur’an.
4. Menulis
Al Qur’an dengan baik dan benar.
4.
KEGIATAN PERKULIAHAN
Perkuliahan ini dicoba untuk menggunakan pendekatan pedagogi
kritis (critical pedagogy) yang menjadikan ruang kelas dan praktik
perkuliahan menjadi lebih demokratis, humanis, membangun kesadaran kritis dan
diarahkan untuk tujuan transformasi sosial. Upaya tersebut dilakukan :
(1) dengan membangun
dialog yang kritis dan konstruktif antara dosen dan mahasiswa dan juga antara
mahasiswa dan mahasiswa sendiri;
(2) melakukan negosiasi
pengetahuan yang akan dipelajari, metode perkuliahan dan penilaian (kesepakatan
dalam kontrak kuliah di awal pertemuan);
(3) pada tiap
bahasan diarahkan untuk membaca Al Qur’an dan mengetahui hukum tajwidnya..
(4) pada tiap perkuliahan
terdapat dialog dan diskusi interaktif, termasuk pada perkuliahan dilaksanakan
presentasi kelompok;
(5) tugas baca dan tulis bagi
mahasiswa (tugas individu) dan
(6) melakukan review
terhadap hasil pekerjaan mahasiswa untuk memberikan kesempatan klarifikasi bagi
mahasiswa dan penguasaan bahasan yang lebih mendalam.
(7) di pertengahan dan akhir pertemuan diadakan
evaluasi (UTS dan UAS).
5.
PENILAIAN
Nilai akhir mahasiswa ditentukan oleh tiga hal sebagai berikut:
1. Makalah kelompok, setiap kelompok terdiri atas
3-5 orang mahasiswa. Setiap kelompok bertugas untuk (a) mempresentasikan materi
tajwid , membaca ayat Al Qur’an
dan menunjukkan hukum bacaan tajwidnya(menggunaan Power
Poin). (b) membuat makalah (ditempel
foto penyusun), yaitu menulis materi tajwid, menulis ayat al Qur’an minimal
10 ayat dan menuliskan hukum tajwidnya (dengan
mencantumkan referensi). (c) selanjutnya didiskusikan. Makalah dikirim via email ke marlinakarnen1@gmail.com dan hardcopy diserahkan langsung
kepada dosen Pengampu. Makalah diistribusikan kepada mahasiswa minimal 1 hari
sebelum presentasi. Makalah kelompok merupakan pra syarat untuk mendapatkan
nilai individual, nilai tugas ini diberi bobot 20 % dengan kriteria penilaian
makalah kelompok:
- Kejelasan uraian konsep, prinsip, atau prosedur yang diuraikan.
- Kejelasan contoh yang relevan dengan konsep, prinsip atau prosedur yang dikemukakan.
- Membaca dan menulis ayat Al Qur’an secara bergantian.
- Teknik presentasi (dukungan media dan lain-lain). Dan sistematika penulisan makalah
2. Tugas baca dan tulis berupa penugasan individu
membaca dan menulis ayat Al Qur’an serta menemukan hukum bacaan tajwid.
Minimal membaca dan menulis Ayat Al Qur’an 7 aya,t di tulis dalam buku
khusus atau kertas folio bergaris dengan mencantumkan Juz,
Surah dan ayat Al Qur’an. Tugas ini dikumpulkan setiap mengikuti perkuliahan dengan bobot nilai sebesar 15%.
3.
Hasil Ujian Tengah
Semester (bobot 25%) , Ujian Akhir Semester (bobot 40 %).
Hasil Penilaian:
Hasil evaluasi merupkan komulatif dari jumlah kehadiran,
penyelesaian tugas kelompok, tugas individual, Ujian Tengah dan Akhir Semester,
dengan bobot: tugas individual dan kelompok 35 %, Ujian Tengah Semester
25 % dan Ujian Akhir Semester 40 %.
Mahasiswa dapat memilih nilai akhir sebagai berikut:
A, Jika hadir mengikuti perkuliahan minimal 80 % dari
jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas individu dan kelompok paling lambat 3
hari sebelum presentasi yang telah ditetapkan via email, mengikuti presentasi
kelompok, mengikuti ujian tengah semester dan semester memperoleh nilai masuk
dalam norma yang ditetapkan untuk itu.
B, Jika hadir mengikuti perkuliahan minimal 75 %
dari jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas individu dan kelompok 1 hari
sebelum presentasi yang telah ditentukan via email, mengikuti presentasi
kelompok, mengikuti ujian tengah semester dan ujian semester memperoleh nilai
masuk dalam norma yang ditetapkan untuk
itu.
C. Jika hadir mengikuti perkuliahan minimal 70 % dari
jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas individu dan kelompok terlambat lebih
dari satu minggu yang telah ditentukan, mengikuti presentasi kelompok,
mengikuti ujian tengah semester dan ujian semester memperoleh nilai masuk dalam
norma yang ditetapkan untuk itu.
D Jika hadir mengikuti perkuliahan kurang dari
70 % dari jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas individu dan kelompok
terlambat lebih dari satu minggu dan diberi tugas pengganti dari tugas utama,
tidak mengikuti presentasi kelompok, mengikuti ujian tengah semester dan ujian
semester memperoleh nilai masuk dalam norma yang ditetapkan untuk itu.
E. Jika hadir mengikuti perkuliahan kurang dari 60 % dari
jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas individu terlambat 10 hari dari waktu
yang ditentukan dan mengumpul tugas kelompok tidak memenuhi kreteria
diberi tugas tambahan dan tidak mengerjakan, tidak mengikuti presentasi
kelompok, mengikuti ujian tengah semester dan ujian semester memperoleh nilai
masuk dalam norma yang ditetapkan untuk itu.
6.
MATERI PERKULIAHAN
Pertemuan ke/Waktu
|
Pokok Bahasan
|
Pelaksana
|
1
(tatap muka)
|
Overview (Pembahasan
SAP, Kontrak Perkuliahan)
|
Tim Dosen Pengampu
|
2
|
Baca ,
tulis dan menunjukkan hukum tajwid
dalam bacaan Al Qur’an.
Referensi. AL Qur’an Qs. Al Baqarah (2) ayat
1-7.
|
Tim Dosen Pengampu
Dan Mahasiswa
|
3
|
Tahsin Qur’an
a.
Definisi Tahsin Qur’an
b. Manfaat Tahsin Qur’an
c. Cara membaca Al Qur’an
d. Kesalahan – kesalahan umum membaca Al Qur’an
e. Pokok – pokok ilmu tajwid
Dikembangkan dan
ditelusuri dari berbagai sumber oleh mahasiswa.
Tugas individu :
baca dan tulis Qs. Al Fatihah (1) ayat 1-7.
|
Tim Dosen Pengampu
dan mahasiswa
|
4
|
Al Qur’an
1. Pengertian Al Qur’an
2.
Keutamaan Al Qur’an
3.
Adab membaca Al Qur’an
4.
Wirid Al Qur’an
Dikembangkan dan
ditelusuri dari berbagai sumberr oleh mahasiswa.
Tugas individu :
baca dan tulis Al Baqarah(2) : ayat 183 – 186.
|
Penelusuran berbagai sumber, menyusun
proposal dan Presentasi Kelompok I
|
5
|
Ilmu Tajwid
1. Pengertian
Ilmu Tajwid
2.
Hukum Mempelajari Ilmu Tajwid
3.
Pokok bahasan Ilmu Tajwid
4.
Tujuan mempelajari Ilmu Tajwid
Dikembangkan dan ditelusuri dari berbagai
sumberr oleh mahasiswa.
Tugas individu :
baca dan tulis Al Baqarah(2) : ayat 283-286
|
Penelusuran berbagai sumber, menyusun
proposal dan Presentasi Kelompok II
|
6
|
Makhorijul Huruf
Dikembangkan dan ditelusuri
dari berbagai sumber oleh mahasiswa
Tugas individu :
baca dan tulis Ali Imran(3) : ayat 1-9
|
Penelusuran berbagai sumber, menyusun
proposal dan Presentasi Kelompok III
|
7
|
Sifaatul
Huruf
Dikembangkan dan ditelusuri dari berbagai
sumber oleh mahasiswa.
Tugas individu :
baca dan tulis Al A’raf(7) : ayat 54-58
|
Penelusuran berbagai sumber, menyusun
proposal dan Presentasi Kelompok IV
|
8
|
Ujian Tengah
Semester (UTS)
|
Dosen Pengampu
|
9
|
Hukum Nun Mati dan Tanwin
Dikembangkan dan
ditelusuri dari berbagai sumber oleh mahasiswa.
-
Tugas individu : baca dan tulis Al Anfal(8) : ayat 1-10
|
Penelusuran berbagai sumber, menyusun
proposal dan Presentasi Kelompok V
|
10
|
Hukum Mim Bersukun
Dikembangkan dan ditelusuri dari berbagai
sumber oleh mahasiswa
-
Tugas individu : baca dan tulis Al Baqarah(2) : ayat 117-121
|
Penelusuran berbagai sumber, menyusun
proposal dan Presentasi Kelompok VI
|
11
|
Hukum
Mad
Dikembangkan dan ditelusuri dari berbagai
sumber oleh mahasiswa
Tugas individu :
baca dan tulis Maryam(19) : ayat 1-10
|
Penelusuran berbagai sumber, menyusun
proposal dan Presentasi Kelompok VII
|
12
|
Hukum Idhghom
Dikembangkan dan ditelusuri dari berbagai
sumber oleh mahasiswa
-
Tugas individu : baca dan tulis As-Saffat(37) : ayat 1-21
|
Penelusuran berbagai sumber, menyusun
proposal dan Presentasi Kelompok VIII
|
13
|
Hukum Lam Ta’rif
Dikembangkan dan ditelusuri dari berbagai sumber oleh
mahasiswa
-
Tugas individu : baca dan tulis An Naml(27) : ayat 1-10
|
Penelusuran berbagai sumber, menyusun
proposal dan Presentasi Kelompok IX
|
14
|
Qal qalah
Dikembangkan dan ditelusuri dari berbagai
sumber oleh mahasiswa.
-
Tugas individu : baca dan tulis Al alaq(96) : ayat 1-19
|
Penelusuran berbagai sumber, menyusun
proposal dan Presentasi Kelompok X
|
15
|
Hukum Mim dan Nun Bertasyidid
dan Lam Jalalah
Dikembangkan dan ditelusuri dari berbagai
sumber oleh mahasiswa.
-
Tugas individu : baca dan tulis Al Bayyinah(98) : ayat 1-8
|
Penelusuran berbagai sumber, menyusun
proposal dan Presentasi Kelompok XI
|
16
|
Hukum Waqof
Dikembangkan dan ditelusuri dari berbagai
sumber oleh mahasiswa.
Penutupan Kuliah
|
Penelusuran berbagai sumber, menyusun
proposal dan Presentasi Kelompok XII
|
|
Ujian Akhir Semester
|
TIM STKIP dan Mahasiswa
|
7.
Referensi
Al Qur’an
Acep Iim Abdurohim, 2004. Pelajaran
Tajwid, Bandung : CV diponegoro.
Ahmad Sunarto,1988,Pelajaran
Tajwid, Jakarta : Bintang Terang.
Syifa ul Janan. Dll.
Sukaraja , September 2014
Dosen Pengampu, Marlina, M.Pd.I
Tidak ada komentar:
Posting Komentar