
SEKOLAH
TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (STKIP)
NURUL
HUDA
Sukaraja Kec. Buay Madang Kab. OKU
Timur Sumatera Selatan
![]() |
SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)
MATA KULIAH :
PENGANTAR ILMU PENDIDIKAN
SEMESTER :
1 (SATU)
PROGRAM STUDI : PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA
INDONESIA
BOBOT :
3 SKS
DOSEN PENGAMPU :
MARLINA, M.Pd.I
1.
DESKRIPSI PERKULIAHAN
Mata kuliah ini berisikan garis – garis besar materi perkuliahan
atau rangkuman pokok bahasan/sub pokok bahasan/topic dari satua mata kuliah
yaitu:
1. Mahasiswa
memahami konsep ilmu pengetahuan.
2. Mahasiswa
menguasai pengetahuan tentang pendidikan.
3. Mahasiswa
menerapkan ilmu pendidikan dalam masyarakat.
2.
KOMPETENSI DASAR
Mahasiswa dapat:
1. Menjelaskan
pengertian konsep pendidikan
2. Menemukan
teori-teori pendidikan
3. Menunjukkan
idealisme konsep pendidikan
4. Menjelaskan
temuan dalam masyarakat yang berkaitan
dengan ilmu pendidikan.
5. Berpartisipasi
aktif dalam kegiatan masyarakat.
3.
TUJUAN PERKULIAHAN
Mahasiswa
memiliki pengetahuan ,ketrampilan dan sikap tentang ilmu pendidikan yang
berfungsi bagi kemanusiaan.
4.
KEGIATAN PERKULIAHAN
Perkuliahan ini dicoba untuk menggunakan pendekatan pedagogi
kritis (critical pedagogy) yang menjadikan ruang kelas dan praktik
perkuliahan menjadi lebih demokratis, humanis, membangun kesadaran kritis dan
diarahkan untuk tujuan transformasi sosial. Upaya tersebut dilakukan :
(1) dengan membangun dialog yang kritis dan konstruktif antara
dosen dan mahasiswa dan juga antara mahasiswa dan mahasiswa sendiri;
(2) melakukan negosiasi pengetahuan yang akan dipelajari, metode
perkuliahan dan penilaian (kesepakatan dalam kontrak kuliah di awal pertemuan);
(3)
pada tiap bahasan diarahkan untuk mengasah nalar kritis mahasiswa dalam melihat
realitas sosio-kultural, terutama melalui perspektif bahwa pendidikan musti
diarahkan untuk pemberdayaan (empowerment) dan perubahan sosial dengan
mendasarkan nilai-nilai keadilan sosial;
(4)
pada tiap perkuliahan terdapat dialog dan diskusi interaktif, termasuk pada
perkuliahan dilaksanakan presentasi kelompok;
(5) tugas baca dan resum bagi mahasiswa (tugas
individu) dan
(6) melakukan review terhadap hasil pekerjaan mahasiswa
untuk memberikan kesempatan klarifikasi bagi mahasiswa dan penguasaan bahasan
yang lebih mendalam.
(7) di pertengahan dan akhir pertemuan diadakan
evaluasi (UTS dan UAS).
5.
PENILAIAN
Nilai akhir mahasiswa ditentukan oleh tiga hal sebagai berikut:
1. Makalah kelompok, setiap kelompok terdiri atas
3-5 orang mahasiswa. Setiap kelompok bertugas untuk (a) menelusuri
sumber-sumber tentang pengantar ilmu
pendidikan dari buku, jurnal sebanyak 2 jurnal satu diantaranya berasal dari internet
untuk dikaji dan dianalisis (b) membuat makalah, yaitu mengkaji dan
menganalisis dari berbagai referensi untuk dituangkan dalam suatu makalah
kelompok sesuai dengan topic yang telah ditentukan. Makalah kelompok kemudian
disajikan dalam pertemuan kelas secara tatap muka. Makalah dikirim via
email ke marlinamuslih@yahoo.co.id dan hardcopy diserahkan langsung
kepada dosen Pengampu. Makalah kelompok merupakan pra syarat untuk mendapatkan
nilai individual, nilai tugas ini diberi bobot 30 % dengan kriteria penilaian
makalah kelompok:
- Kejelasan uraian konsep, prinsip, atau prosedur yang diuraikan
- Kejelasan contoh yang relevan dengan konsep, prinsip atau prosedur yang dikemukakan.
- Ketajaman analisis dari komponen yang dibahas
- Teknik presentasi (dukungan media dan lain-lain).
2. Tugas baca dan resume berupa penugasan
individu membaca dari berbagai sumber bahan/ buku / jurnal/ yang berkaitan
dengan mata kuliah pengantar ilmu pendidikan kemudian menyimak setiap presentasi
kelompok selanjutnya dituangkan dalam bentuk resume/ catatan, masing – masing
sub pokok bahasan minimal 3 halaman diketik dengan spasi 1,5 setiap sub pokok bahasan minimal 1 sumber buku
dengan mencantumkan (nama pengarang,
tahun terbit, judul buku, tempat terbit, penerbit dan nomor halaman) dan sumber
pendukung dari makalah diskusi kelompok dan internet. Tugas individu ini
dikirim via email marlinamuslih@yahoo.co.id dan hardcopy diserahkan langsung
kepada dosen Pengampu pada pertemuan ke—16 dengan bobot nilai sebesar 30%.
3.
Hasil ujian akhir
semester diberi bobot 40 %.
Hasil Penilaian:
Hasil evaluasi merupkan komulatif dari jumlah kehadiran,
penyelesaian tugas kelompok, tugas individual, Ujian Tengah dan Akhir Semester,
dengan bobot: tugas individual dan kelompok 30 %, Ujian Tengah Semester
30 % dan Ujian Akhir Semester 40 %.
Mahasiswa dapat memilih nilai akhir sebagai berikut:
A, Jika hadir mengikuti perkuliahan minimal 80 % dari
jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas individu dan kelompok paling lambat 3
hari sebelum batas waktu yang telah ditetapkan, mengikuti presentasi kelompok,
mengikuti ujian tengah semester dan semester memperoleh nilai masuk dalam norma yang ditetapkan untuk itu.
B, Jika hadir mengikuti perkuliahan minimal 75 %
dari jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas individu dan kelompok satu hari sebelum
batas waktu yang telah ditentukan, mengikuti presentasi kelompok, mengikuti
ujian tengah semester dan ujian semester memperoleh nilai masuk dalam norma yang ditetapkan untuk itu.
C. Jika hadir mengikuti perkuliahan minimal 75 % dari
jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas individu dan kelompok terlambat lebih
dari satu minggu yang telah ditentukan, mengikuti presentasi kelompok,
mengikuti ujian tengah semester dan ujian semester memperoleh nilai masuk dalam
norma yang ditetapkan untuk itu.
D Jika hadir mengikuti perkuliahan kurang dari
70 % dari jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas individu dan kelompok
terlambat lebih dari satu minggu dan diberi tugas pegganti dari tugas utama,
tidak mengikuti presentasi kelompok, mengikuti ujian tengah semester dan ujian
semester memperoleh nilai masuk dalam norma yang ditetapkan untuk itu.
E. Jika hadir mengikuti perkuliahan kurang dari 60 % dari
jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas individu terlambat 10 hari dari waktu
yang ditentukan dan mengumpul tugas kelompok tidak memenuhi kreteria
diberi tugas tambahan dan tidak mengerjakan, tidak mengikuti presentasi
kelompok, mengikuti ujian tengah semester dan ujian semester memperoleh nilai
masuk dalam norma yang ditetapkan untuk itu.
Pertemuan ke/Waktu
|
Pokok Bahasan
|
Pelaksana
|
1
(tatap muka)
|
|
Tim Dosen Pengampu
|
2
|
Bahan Bacaan:
-
Bukhari Umar. (2010). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Amzah.
-
Faturrahman dkk.2012.Pengantar Pendidikan. Jakarta :
Prestasi Pustakaraya
-
Umar Tirtarahardja dan La Sulo,
2010. Pengantar Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.
-
Ramayulis dan Samsul Nizar, 2010. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta:Kalam Mulia.
-
Dikembangkan dan ditelusuri dari berbagai sumber oleh
mahasiswa
|
Tim Dosen Pengampu
dan Kelompok mahasiswa
|
3
Web-based & Tutorial
|
Bahan Bacaan:
-
Faturrahman dkk.2012.Pengantar Pendidikan. Jakarta :
Prestasi Pustakaraya.
-
Umar
Tirtarahardja dan La Sulo, 2010. Pengantar
Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta
-
Dikembangkan dan ditelusuri dari berbagai sumber dan kasus di
lapangan oleh mahasiswa
|
Tim Dosen Pengampu
dan Kelompok mahasiswa
|
4
|
Landasan dan asas asas pendidikan
Bahan Bacaan:
-
Umar Tirtarahardja dan La Sulo,
2010. Pengantar Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.
-
UU RI No. 20 tahun 2003 tentang Sisdiknas
-
UU RI No 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
-
Dikembangkan dan ditelusuri dari berbagai sumberr oleh
mahasiswa
|
Penelusuran berbagai
sumber, menyusun proposal dan Presentasi Kelompok I
|
5
|
Lingkungan Pendidikan
Bahan Bacaan:
-
Hasbullah, 2012. Dasar – dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta : Rajawali Pers.
-
Umar Tirtarahardja dan La Sulo,
2010. Pengantar Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta
-
Dikembangkan dan ditelusuri dari berbagai sumberr oleh
mahasiswa
|
Penelusuran
berbagai sumber, menyusun proposal dan Presentasi Kelompok II
|
6
|
Aliran –aliran Pendidikan.
Bahan Bacaan:
-
Umar Tirtarahardja dan La Sulo,
2010. Pengantar Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.
-
Dikembangkan dan ditelusuri dari berbagai sumberr oleh
mahasiswa
|
Penelusuran berbagai
sumber, menyusun proposal dan Presentasi Kelompok III
|
7
|
Persepektif ontology, epistimologi dan aksiologi terhadap ilmu
Pendidikan
Bahan Bacaan:
-
Ramayulis dan Samsul Nizar, 2010. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta:Kalam Mulia.
-
Dikembangkan dan ditelusuri dari berbagai sumberr oleh
mahasiswa
|
Penelusuran berbagai
sumber, menyusun proposal dan Presentasi Kelompok IV
|
8
|
Ujian Tengah
Semester (UTS)
|
Dosen Pengampu
|
9
|
Inovasi Pendidikan.
Bahan Bacaan:
-
Hasbullah, 2012. Dasar – dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta : Rajawali Pers.
-
Dikembangkan dan ditelusuri dari berbagai sumberr oleh
mahasiswa
|
Penelusuran berbagai
sumber, menyusun proposal dan Presentasi Kelompok V
|
10
|
Kedudukan pendidikan agama dalam system pendidikan nasional
Bahan Bacaan:
-
Bukhari Umar. (2010). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta:
Amzah.
-
Dikembangkan dan ditelusuri dari berbagai sumberr oleh
mahasiswa
|
Penelusuran berbagai
sumber, menyusun proposal dan Presentasi Kelompok VI
|
11
|
Pendidikan dan Pembangunan
Bahan Bacaan:
-
Umar Tirtarahardja dan La Sulo,
2010. Pengantar Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.
-
Dikembangkan dan ditelusuri dari berbagai sumberr oleh
mahasiswa
|
Penelusuran berbagai
sumber, menyusun proposal dan Presentasi Kelompok VII
|
12
|
Demokrasi pendidikan.
Bahan Bacaan:
-
Hasbullah, 2012. Dasar – dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta : Rajawali Pers.
-
Dikembangkan dan ditelusuri dari berbagai sumberr oleh
mahasiswa
|
Penelusuran berbagai
sumber, menyusun proposal dan Presentasi Kelompok VIII
|
13
|
Konsep pendidikan seumur hidup dan implikasinya.
Bahan Bacaan:
-
Hasbullah, 2012. Dasar – dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta : Rajawali Pers.
-
Faturrahman dkk.2012.Pengantar Pendidikan. Jakarta :
Prestasi Pustakaraya.
-
Dikembangkan dan ditelusuri dari berbagai sumberr oleh
mahasiswa
|
Penelusuran berbagai
sumber, menyusun proposal dan Presentasi Kelompok IX
|
14
|
Pendidikan masa depan
Bahan Bacaan:
-
Faturrahman dkk.2012.Pengantar Pendidikan. Jakarta :
Prestasi Pustakaraya.
-
Zamroni,2000. Paradigma Pendidikan Masa Depan.Yogyakarta:Bigraf Publishing.
-
Dikembangkan dan ditelusuri dari berbagai sumber oleh
mahasiswa
|
Penelusuran berbagai
sumber, menyusun proposal dan Presentasi Kelompok X
|
15
|
Tokok – tokok pendidikan Islam dan Indonesia.
Bahan Bacaan:
-
Hasbullah, 2012. Dasar – dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta : Rajawali Pers.
-
Ramayulis dan Samsul Nizar, 2010. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta:Kalam Mulia.
-
Dikembangkan dan ditelusuri dari berbagai sumber oleh
mahasiswa.
|
Penelusuran berbagai
sumber, menyusun proposal dan Presentasi Kelompok XI
|
16
|
Penutupan
Pengumpulan tugas baca dan resume makalah.
Bahan Bacaan:
-
Hasbullah, 2012. Dasar – dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta : Rajawali Pers.
-
Ramayulis dan Samsul Nizar, 2010. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta:Kalam Mulia.
-
Faturrahman dkk.2012.Pengantar Pendidikan. Jakarta :
Prestasi Pustakaraya.
-
Zamroni,2000. Paradigma Pendidikan Masa Depan.Yogyakarta:Bigraf Publishing.
-
Umar Tirtarahardja dan La Sulo,
2010. Pengantar Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.
-
Bukhari Umar. (2010). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta:
Amzah.
-
UU RI No. 20 tahun 2003 tentang Sisdiknas
-
UU RI No 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
-
Internet
|
Dosen Pengampu dan mahasiswa
|
Ujian Akhir Semester
|
Individu
|
Sukaraja , September 2014
Dosen Pengampu,
Marlina, M.Pd.I
Menurut saya, Ilmu Pendidikan juga sebagai pengetahuan pemberdayaan karena Ilmu Pengetahuan Pendidikan itu sendiri sangat penting bagi kalangan masyarakat dan bangsa.
BalasHapus