Senin, 13 Oktober 2014

SAP PENGANTAR ILMU PENDIDIKAN



YAYASAN PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN NURUL HUDA
SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (STKIP)
NURUL HUDA
Sukaraja Kec. Buay Madang Kab. OKU Timur Sumatera Selatan


 


SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)

MATA KULIAH                   : PENGANTAR ILMU PENDIDIKAN
SEMESTER                            : 1 (SATU)
PROGRAM STUDI               : PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
BOBOT                                  : 3 SKS
DOSEN PENGAMPU           : MARLINA, M.Pd.I


1.      DESKRIPSI PERKULIAHAN

Mata kuliah ini berisikan garis – garis besar materi perkuliahan atau rangkuman pokok bahasan/sub pokok bahasan/topic dari satua mata kuliah yaitu:
1.      Mahasiswa memahami konsep ilmu pengetahuan.
2.      Mahasiswa menguasai pengetahuan tentang pendidikan.
3.      Mahasiswa menerapkan ilmu pendidikan dalam masyarakat.

2.      KOMPETENSI DASAR

Mahasiswa dapat:
1.      Menjelaskan pengertian konsep pendidikan
2.      Menemukan teori-teori pendidikan
3.      Menunjukkan idealisme konsep pendidikan
4.      Menjelaskan temuan dalam  masyarakat yang berkaitan dengan ilmu pendidikan.
5.      Berpartisipasi aktif dalam kegiatan masyarakat.

3.      TUJUAN PERKULIAHAN
Mahasiswa memiliki pengetahuan ,ketrampilan dan sikap tentang ilmu pendidikan yang berfungsi bagi kemanusiaan.
4.      KEGIATAN PERKULIAHAN

Perkuliahan ini dicoba untuk menggunakan pendekatan pedagogi kritis (critical pedagogy) yang menjadikan ruang kelas dan praktik perkuliahan menjadi lebih demokratis, humanis, membangun kesadaran kritis dan diarahkan untuk tujuan transformasi sosial. Upaya tersebut dilakukan :
(1) dengan membangun dialog yang kritis dan konstruktif antara dosen dan mahasiswa dan juga antara mahasiswa dan mahasiswa sendiri;
(2) melakukan negosiasi pengetahuan yang akan dipelajari, metode perkuliahan dan penilaian (kesepakatan dalam kontrak kuliah di awal pertemuan); 
 (3) pada tiap bahasan diarahkan untuk mengasah nalar kritis mahasiswa dalam melihat realitas sosio-kultural, terutama melalui perspektif bahwa pendidikan musti diarahkan untuk pemberdayaan (empowerment) dan perubahan sosial dengan mendasarkan nilai-nilai keadilan sosial;
 (4) pada tiap perkuliahan terdapat dialog dan diskusi interaktif, termasuk pada perkuliahan dilaksanakan presentasi kelompok;
(5) tugas baca dan resum bagi mahasiswa (tugas individu) dan
(6) melakukan review terhadap hasil pekerjaan mahasiswa untuk memberikan kesempatan klarifikasi bagi mahasiswa dan penguasaan bahasan yang lebih mendalam.
(7) di pertengahan dan akhir pertemuan diadakan evaluasi (UTS dan UAS).

5.      PENILAIAN
Nilai akhir mahasiswa ditentukan oleh tiga hal sebagai berikut:
1.      Makalah kelompok, setiap kelompok terdiri atas 3-5 orang mahasiswa. Setiap kelompok bertugas untuk (a) menelusuri sumber-sumber tentang pengantar  ilmu pendidikan dari buku, jurnal sebanyak 2 jurnal satu diantaranya berasal dari internet untuk dikaji dan dianalisis (b) membuat makalah, yaitu mengkaji dan menganalisis dari berbagai referensi untuk dituangkan dalam suatu makalah kelompok sesuai dengan topic yang telah ditentukan. Makalah kelompok kemudian disajikan dalam pertemuan kelas secara tatap muka. Makalah  dikirim via email ke marlinamuslih@yahoo.co.id dan  hardcopy diserahkan langsung kepada dosen Pengampu. Makalah kelompok merupakan pra syarat untuk mendapatkan nilai individual, nilai tugas ini diberi bobot 30 % dengan kriteria penilaian makalah kelompok:
  1. Kejelasan uraian konsep, prinsip, atau prosedur yang diuraikan
  2. Kejelasan contoh yang relevan dengan konsep, prinsip atau prosedur yang dikemukakan.
  3. Ketajaman analisis dari komponen yang dibahas
  4. Teknik presentasi (dukungan media dan lain-lain).
2.      Tugas baca dan resume berupa penugasan individu membaca dari berbagai sumber bahan/ buku / jurnal/ yang berkaitan dengan mata kuliah pengantar ilmu pendidikan kemudian menyimak setiap presentasi kelompok selanjutnya dituangkan dalam bentuk resume/ catatan, masing – masing sub pokok bahasan minimal 3 halaman diketik dengan spasi 1,5  setiap sub pokok bahasan minimal 1 sumber buku dengan mencantumkan  (nama pengarang, tahun terbit, judul buku, tempat terbit, penerbit dan nomor halaman) dan sumber pendukung dari makalah diskusi kelompok dan internet. Tugas individu ini dikirim via email marlinamuslih@yahoo.co.id dan  hardcopy diserahkan langsung kepada dosen Pengampu pada pertemuan ke—16 dengan bobot nilai sebesar 30%.
3.      Hasil ujian akhir semester diberi bobot 40 %. 
Hasil Penilaian:
Hasil evaluasi merupkan komulatif dari jumlah kehadiran, penyelesaian tugas kelompok, tugas individual, Ujian Tengah dan Akhir Semester, dengan bobot: tugas individual dan kelompok 30 %,  Ujian Tengah Semester 30 % dan Ujian Akhir Semester  40 %.
Mahasiswa dapat memilih nilai akhir sebagai berikut:
A, Jika hadir mengikuti perkuliahan minimal  80 % dari jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas individu dan kelompok paling lambat 3 hari sebelum batas waktu yang telah ditetapkan, mengikuti presentasi kelompok, mengikuti ujian tengah semester dan semester memperoleh nilai masuk dalam  norma yang ditetapkan untuk itu.
B,  Jika hadir mengikuti perkuliahan minimal  75 % dari jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas individu dan kelompok satu hari sebelum batas waktu yang telah ditentukan, mengikuti presentasi kelompok, mengikuti ujian tengah semester dan ujian semester memperoleh nilai masuk dalam  norma yang ditetapkan untuk itu.
C. Jika hadir mengikuti perkuliahan minimal  75 % dari jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas individu dan kelompok terlambat lebih dari satu minggu yang telah ditentukan, mengikuti presentasi kelompok, mengikuti ujian tengah semester dan ujian semester memperoleh nilai masuk dalam norma yang ditetapkan untuk itu.
D   Jika hadir mengikuti perkuliahan kurang dari  70 % dari jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas individu dan kelompok terlambat lebih dari satu minggu dan diberi tugas pegganti dari tugas utama, tidak mengikuti presentasi kelompok, mengikuti ujian tengah semester dan ujian semester memperoleh nilai masuk dalam norma yang ditetapkan untuk itu.
E. Jika hadir mengikuti perkuliahan kurang dari  60 % dari jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas individu terlambat 10 hari dari waktu yang ditentukan dan  mengumpul tugas kelompok tidak memenuhi kreteria diberi tugas tambahan dan tidak mengerjakan, tidak mengikuti presentasi kelompok, mengikuti ujian tengah semester dan ujian semester memperoleh nilai masuk dalam norma yang ditetapkan untuk itu.
Pertemuan ke/Waktu
Pokok Bahasan
Pelaksana
1
(tatap muka)
  • Overview (Pembahasan SAP, Kontrak Perkuliahan)
Tim Dosen Pengampu
2
  • Konsep Ilmu Pendidikan.
  • Unsur – unsur Pendidikan
Bahan Bacaan:
-          Bukhari Umar. (2010). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Amzah.
-          Faturrahman dkk.2012.Pengantar Pendidikan. Jakarta : Prestasi Pustakaraya
-          Umar Tirtarahardja dan La Sulo, 2010. Pengantar Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.
-          Ramayulis dan Samsul Nizar, 2010. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta:Kalam Mulia.
-          Dikembangkan dan ditelusuri dari berbagai sumber oleh mahasiswa
Tim Dosen Pengampu dan Kelompok mahasiswa
3
Web-based & Tutorial
  • Berbagai kasus praktek pendidikan dalam kehidupan social berdasarkan berbagai pandangan tentang pendidikan.
Bahan Bacaan:
-          Faturrahman dkk.2012.Pengantar Pendidikan. Jakarta : Prestasi Pustakaraya.
-           Umar Tirtarahardja dan La Sulo, 2010. Pengantar Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta
-          Dikembangkan dan ditelusuri dari berbagai sumber dan kasus di lapangan oleh mahasiswa
Tim Dosen Pengampu dan Kelompok mahasiswa
4
Landasan dan asas asas pendidikan
Bahan Bacaan:
-          Umar Tirtarahardja dan La Sulo, 2010. Pengantar Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.   
-          UU RI No. 20 tahun 2003 tentang Sisdiknas
-          UU RI No 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
-          Dikembangkan dan ditelusuri dari berbagai sumberr oleh mahasiswa
Penelusuran berbagai sumber, menyusun proposal dan Presentasi Kelompok   I
5
Lingkungan Pendidikan
Bahan Bacaan:
-          Hasbullah, 2012. Dasar – dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta : Rajawali Pers.
-          Umar Tirtarahardja dan La Sulo, 2010. Pengantar Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta
-          Dikembangkan dan ditelusuri dari berbagai sumberr oleh mahasiswa
 Penelusuran berbagai sumber, menyusun proposal dan Presentasi Kelompok   II
6
Aliran –aliran Pendidikan.
Bahan Bacaan:
-          Umar Tirtarahardja dan La Sulo, 2010. Pengantar Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.   
-          Dikembangkan dan ditelusuri dari berbagai sumberr oleh mahasiswa
Penelusuran berbagai sumber, menyusun proposal dan Presentasi Kelompok   III
7
Persepektif ontology, epistimologi dan aksiologi terhadap ilmu Pendidikan
Bahan Bacaan:
-          Ramayulis dan Samsul Nizar, 2010. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta:Kalam Mulia.
-          Dikembangkan dan ditelusuri dari berbagai sumberr oleh mahasiswa
Penelusuran berbagai sumber, menyusun proposal dan Presentasi Kelompok   IV
8
Ujian Tengah Semester (UTS)
Dosen Pengampu
9
Inovasi Pendidikan.
Bahan Bacaan:
-          Hasbullah, 2012. Dasar – dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta : Rajawali Pers.
-          Dikembangkan dan ditelusuri dari berbagai sumberr oleh mahasiswa
Penelusuran berbagai sumber, menyusun proposal dan Presentasi Kelompok   V
10
Kedudukan pendidikan agama dalam system pendidikan nasional
Bahan Bacaan:
-          Bukhari Umar. (2010). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Amzah.
-          Dikembangkan dan ditelusuri dari berbagai sumberr oleh mahasiswa
Penelusuran berbagai sumber, menyusun proposal dan Presentasi Kelompok  VI
11
Pendidikan dan Pembangunan
Bahan Bacaan:
-          Umar Tirtarahardja dan La Sulo, 2010. Pengantar Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.   
-          Dikembangkan dan ditelusuri dari berbagai sumberr oleh mahasiswa
Penelusuran berbagai sumber, menyusun proposal dan Presentasi Kelompok   VII
12
Demokrasi pendidikan.
Bahan Bacaan:
-          Hasbullah, 2012. Dasar – dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta : Rajawali Pers.
-          Dikembangkan dan ditelusuri dari berbagai sumberr oleh mahasiswa
Penelusuran berbagai sumber, menyusun proposal dan Presentasi Kelompok   VIII
13
Konsep pendidikan seumur hidup dan implikasinya.
Bahan Bacaan:
-          Hasbullah, 2012. Dasar – dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta : Rajawali Pers.
-          Faturrahman dkk.2012.Pengantar Pendidikan. Jakarta : Prestasi Pustakaraya.
-          Dikembangkan dan ditelusuri dari berbagai sumberr oleh mahasiswa
Penelusuran berbagai sumber, menyusun proposal dan Presentasi Kelompok   IX
14
Pendidikan masa depan
Bahan Bacaan:
-          Faturrahman dkk.2012.Pengantar Pendidikan. Jakarta : Prestasi Pustakaraya.
-          Zamroni,2000. Paradigma Pendidikan Masa Depan.Yogyakarta:Bigraf Publishing.
-          Dikembangkan dan ditelusuri dari berbagai sumber oleh mahasiswa
Penelusuran berbagai sumber, menyusun proposal dan Presentasi Kelompok  X
15
Tokok – tokok pendidikan Islam dan Indonesia.
Bahan Bacaan:
-          Hasbullah, 2012. Dasar – dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta : Rajawali Pers.
-          Ramayulis dan Samsul Nizar, 2010. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta:Kalam Mulia.
-          Dikembangkan dan ditelusuri dari berbagai sumber oleh mahasiswa.
Penelusuran berbagai sumber, menyusun proposal dan Presentasi Kelompok   XI
16
Penutupan
Pengumpulan tugas baca dan resume makalah.
Bahan Bacaan:
-          Hasbullah, 2012. Dasar – dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta : Rajawali Pers.
-          Ramayulis dan Samsul Nizar, 2010. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta:Kalam Mulia.
-          Faturrahman dkk.2012.Pengantar Pendidikan. Jakarta : Prestasi Pustakaraya.
-          Zamroni,2000. Paradigma Pendidikan Masa Depan.Yogyakarta:Bigraf Publishing.
-          Umar Tirtarahardja dan La Sulo, 2010. Pengantar Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.   
-          Bukhari Umar. (2010). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Amzah.
-          UU RI No. 20 tahun 2003 tentang Sisdiknas
-          UU RI No 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
-          Internet
Dosen  Pengampu dan mahasiswa

Ujian Akhir Semester
Individu
Sukaraja ,  September 2014
Dosen Pengampu,


Marlina, M.Pd.I


1 komentar:

  1. Menurut saya, Ilmu Pendidikan juga sebagai pengetahuan pemberdayaan karena Ilmu Pengetahuan Pendidikan itu sendiri sangat penting bagi kalangan masyarakat dan bangsa.

    BalasHapus